Beberapa Tips Cara Mencerdaskan Anak Sejak Hamil

TIPS KESEHATAN
Membuat anak cerdas tak hanya melalui pendidikan di rumah atau sekolah. Mencerdaskan anak ternyata bisa dimulai sejak di dalam kandungan. Hal itu disampaikan oleh para ahli kesehatan. Caranya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menstimulasi janin supaya tercipta koneksi di otak serta bisa meningkatkan intelegensia dan konsentrasi buah hati.
Bingung dengan penjelasan itu? Coba ikuti saran di bawah ini.

Berbicara dengan Bayi:
Bayi yang sedang berkembang di rahim bisa mendengar suara yang terjadi di luar rahim setelah usia 23 minggu. Bayi dalam kandungan memiliki kemampuan mendengar yang terbatas, tapi dia dapat membedakan suara ibunya. Pakar kesehatan dari NYU Brain Research Laboratories sepakat bahwa memerdengarkan musik yang menenangkan atau membaca puisi kepada bayi Anda saat masih berada rahim dapat meningkatkan kemampuan menulis, membaca, dan bahasa si anak saat sudah lahir.

Makan dengan benar:
Memilih makan yang tepat dan sehat tidak hanya menguntungkan ibu hamil tetapi juga memiliki dampak positif pada perkembangan bayi. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan turunannya (DHA) bisa meningkatkan perkembangan otak bayi. Ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan ikan haring, minyak ikan dan hati mengandung omega-3 yang tinggi. Sedangkan unggas dan kuning telur dianjurkan untuk dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan DHA. Makanan tinggi asam folat, seperti jeruk, brokoli, hati, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan bisa menghilangkan risiko cacat saraf otak dan tulang belakang.
Merangsang bayi:
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Child &  Adolescent Psychology menyatakan bahwa cahaya redup bisa merangsang bayi di dalam kandungan. Anda akan merasakan reaksi bayi terhadap cahaya jika dia bergerak (menendang) di dalam rahim. Menyentuh perut adalah cara lain untuk merangsang si kecil di dalam rahim.
Hindari stres: stres dapat berdampak negatif pada perkembangan bayi. Jika Anda stres dan cemas, ada kemungkinan Anda akan membuat bayi cemas juga karena Anda berbagi hormon dengan si bayi. Untuk menghindari stres ikuti latihan relaksasi atau yoga hamil.
Hentikan kebiasaan buruk: merokok, minum minuman keras menurut studi yang dilakukan Moffitt Cancer Center dapat menghambat perkembangan otak bayi.

0 Response to "Beberapa Tips Cara Mencerdaskan Anak Sejak Hamil"

Posting Komentar