7 Aturan Diet untuk Wanita di Usia 40 Tahun ke Atas

 

Tidak bisa dipungkiri, melakukan diet di usia 40 tahun ke atas memang akan terasa sangat sulit, jika dibandingkan ketika Anda masih berusia 20-an. Sebab program diet yang dilakukan tentunya sangat berbeda dengan usia yang masih muda.

Seiring dengan bertambahnya usia, proses metabolisme tubuh seseorang pun akan mengalami perubahan. Nah, hal inilah yang membuat wanita di usia 40 tahun ke atas juga harus melakukan kebiasaan diet. Oleh karena itu kualitas pemilihan cara diet harus dilakukan dengan bijak dan tepat.

Diet di usia 40 tahun ke atas bagi wanita

Berikut ini panduan diet di usia 40 tahun ke atas yang bisa Anda lakukan:

1. Memahami dan menyesuaikan diri dengan ritme biologis tubuh yang baru

Kenaikan berat badan akan jauh lebih mudah seiring bertambahnya usia. Salah satu cara diet di usia 40 tahun untuk mengontrol berat badan adalah memahami dan menyesuaikan diri Anda dengan ritme biologis tubuh Anda yang baru. Anda haru mengetahui apa saja jenis makanan yang bisa memicu pertambahan berat badan dengan mudah. Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk membuat daftar makanan yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi selama melakukan diet.

2. Sadari bahwa Anda tak bisa cuek makan seperti di usia 20-an

Melakukan diet di usia 40 tahun ke atas memiliki tujuan untuk menjaga tubuh Anda agar tidak mengonsumsi makanan yang memicu kenaikan berat badan. Anda harus mulai memperbaiki pola makan Anda. Kini Anda tidak bisa lagi makan makanan yang biasa dikonsumsi layaknya usia 20 tahunan.

Anda bisa saja makan lebih dari 3 kali sehari, hanya saja perhatikan ukuran porsi makanan dan asupan nutrisi di dalam makanan setiap kali Anda makan. Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil agar porsi makan Anda bisa lebih terjaga.

3. Perbanyak konsumsi ikan

Risiko penyakit jantung akan meningkat saat Anda mendekati menopause. Bagi Anda yang berusia 40 tahun ke atas namun ingin tetap menjaga berat badan, ada baiknya Anda rutin mengonsumsi ikan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Ikan yang baik dikonsumsi untuk diet di usia 40 tahun ke atas adalah salmon dan trout. Pasalnya, salmon banyak mengandung asam lemak omega 3 dan protein, yang dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung. Anda juga bisa mengonsumsi makanan jenis lain yang kaya protein seperti gandum utuh, kedelai, telur, dan kacang-kacangan.

4. Kalsium untuk kesehatan tulang

Ketika umur sudah tidak muda lagi, kemungkinan besar hormon Anda akan mengalami perubahan drastis. Hal ini membuat wanita usia 40 tahun ke atas rentan mengalami risiko osteoporosis. Jadi, bagi Anda yang ingin diet di usia 40 tahun ke atas, perbanyaklah konsumsi kalsium. Jika Anda ingin mengonsumsi produk olahan susu, pilihlah produk yang rendah lemak. Konsultasikan kepada dokter Anda untuk pilihan produk kalsium yang tepat untuk Anda.

5. Minum air putih

Semakin bertambahnya usia, pastikan bahwa Anda minum lebih dari delapan gelas air setiap hari. perbanyaklah minum air putih dibanding dengan minuman yang memiliki rasa manis. Air putih bisa membantu Anda mempertahankan elastisitas kulit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Olahraga teratur

Lakukan olahraga secara teratur setidaknya 30 sampai 60 menit per hari seperti olahraga kardio dengan intensitas sedang untuk menurunkan berat badan yang signifikan. Anda bisa melakukan olahraga jogging, bersepeda, berjalan, dan lain sebagainya yang membuat Anda aktif bergerak dan berkeringat.

Dua sesi latihan kekuatan juga merupakan keharusan dalam rutinitas aktivitas fisik Anda untuk membantu mengimbangi kehilangan alami massa otot. Di rumah, Anda bisa melakukan push-up, sit-up, trisep dips, lunges jika Anda tidak memungkinkan melakukan olahraga di gym.

7. Menghindari stres

Stres bisa mengganggu tidur Anda, yang berperan penting untuk menjaga berat badan yang sehat. Jika Anda kekurangan tidur maka akan membuat Anda kehilangan motivasi untuk berolahraga dan menyebabkan tubuh memompa lebih banyak hormon lapar.

Stres dan kurang tidur juga menyebabkan tubuh Anda menghasilkan lebih banyak kortisol, hormon stres yang juga mendorong kenaikan berat badan. Anda bisa menghindari stres dengan melakukan yoga, meditasi dan metode perawatan diri lainnya sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada usaha diet dan olahraga untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan.

sumber : Hellosehat.com

0 Response to "7 Aturan Diet untuk Wanita di Usia 40 Tahun ke Atas"

Posting Komentar